Beberapa orang mungkin menganggap bahwa agen properti sebagai makelar yang memberikan jasanya untuk meraup keuntungan saja. Ya, memang semua orang melakukan pekerjaan agar memperoleh penghasilan, maka jangan salahkan agen yang bergerak di bidang properti bila mereka menginginkan upah atau persenan.

Cukup banyak kok agen yang profesional dan bertanggung jawab penuh serta layak mendapat upah dari hasil penjualan tanah/rumah/ruko yang Anda miliki.

Agen property professional

Untuk memperoleh agen properti profesional tersebut ada beberapa hal yang harus Anda lakukan, yakni sebagai berikut :

1. Siapkan Interview

Lakukan interview kepada beberapa calon agen yang akan mengurusi jual beli properti Anda. Interview tersebut seperti interview pekerjaan pada umumnya, jangan terlalu santai, berilah pertanyaan-pertanyaan yang spesifik.

Misalnya menanyakan pengalaman pekerjaan, pengalamannya dalam menangani jual beli properti sebelumnya, prestasi yang ia raih dalam penjualan properti, dan pertanyaan lain yang bisa digunakan sebagai bahan pertimbangan Anda.

Dari kegiatan interviee tersebut pula Anda bisa membaca postur tubuhnya, gaya bahasa saat komunikasi, serta ketanggapan saat menjawab pertanyaan-pertanyaan dari Anda.

2. Cari Tahu Profil Calon Agen

Anda bisa mencari tahu informasi melalui akun sosial media calon agen properti yang akan Anda pilih. Dengan facebook, twitter, instagram dan sebagainya, Anda akan mendapat informasi tentang pekerjaan mereka. Setidaknya ada sedikit gambaran.

Cari tahu bagaimana cara mereka memasarkan properti, apakah dengan cara yang efektif atau dengan cara yang ribet dan tidak profesional.

3. Lihat Reputasi

Untuk mencari agen terpercaya, langkah selanjutnya ialah mengetahui reputasi mereka. Jika agen tersebut tergabung dalam suatu perusahaan agensi ternama, tentu mereka bersifat resmi dan telah memiliki prestasi. Cari tahu penghargaan-penghargaan yang pernah mereka dapatkan dari penjualan properti.

Saat mencari agen real estate yang bisa dipercaya, hal pertama yang harus diperhatikan adalah reputasi mereka, lisensi dan penghargaan lain yang telah dimiliki oleh kantor agensi tersebut.

4. Minta Referensi dari klien-klien sebelum Anda

Baik pembeli ataupun penjual property, alangkah lebih baiknya meminta referensi tertulis mengenai agen dari klien-klien sebelumnya. Anda bisa menanyakan kepada klien-klien sebelum Anda apakah agen property tersebut bekerja dengan baik dan professional atau sebaliknya.

Hal lain yang harus Anda perhatikan ialah perkataan dari agen property, Anda jangan dulu terbuai dengan kalimat dari agensi seperti berikut ini :

1. “Saya menemukan pembeli untuk rumah Anda”

Jangan dulu percaya saat agen mengatakan kalimat tersebut lewat sms atau telepon, itu merupakan strateegi mereka agar Anda lebih percaya pada agensi tersebut. jika benar-benar ada yang membeli rumah Anda pasti agen jual beli tersebut akan datang langsung menemui Anda, bukan hanya lewat teks semata.

2. “Jika rumah Anda tidak terjual, saya akan membelinya”

Kalimat tersebut merupakan taktik dari para agen property, mereka akan menawarkan untuk membeli rumah/ruko/tanah Anda apabila property tersebut tak terjual. Meskipun hal ini tak sepenuhnya berbohong tapi ini bukanlah alasan yang tepat untuk memilih agen tersebut.

Bahkan bisa saja harga property yang ingin Anda jual dengan harga tinggi menjadi terjual harga rendah karena dibeli oleh agen tersebut. Hal ini tentu merugikan Anda sebagai penjual property.

3. “Harga ini bisa membuat para calon pembeli perang harga”

Perang harga adalah saat para calon pembeli bersaing untuk mengajukan harga terbaik, sama halnya dengan lelang. Kondisi tersebut memungkinkan harga property terus melonjak bahkan bisa sampai melebihi harga pasar.
Namun hal tersebut juga jarang terjadi khususnya dalam hal penjualan property.

Taktik tersebut bisa membuat harga property yang ditawarkan malah di bawah harga sesungguhnya. Tentunya langkah ini sangat beresiko bila para calon pembeli tidak ada yang berani menawar harga yang sesuai dengan keinginan penjual.

4. Ketika agen mengatakan “Saya yang paling baik”

Setiap daerah memiliki sedikitnya lima agen property terkenal dan agen tersebut tentunya yang paling diincar oleh konsumen. Namun dengan terkenalnya mereka, maka semakin banyak pula klien yang mereka tangani. Dengan banyaknya klien, memungkinkan agen tersebut tidak hanya focus menangani property Anda saja.

Bahkan bisa saja bukan mereka yang menangani secara langsung, namun asistennya. Padahal sebelumnya Anda menginginkan agar property Anda ditangani oleh agen terkenal itu.

Dari informasi di atas Anda bisa tahu bagaimana cara memilih agen property yang terbaik, professional, dan dapat bekerja dengan efektif efisien. Jangan terkecoh dengan perkataan-perkataan yang sudah ada di atas, cermati dahulu, jangan mudah percaya. Abaikan saja semua janji yang pernah disampaikan para calon agen yang menjualkan property Anda.

Tanyakan kepada orang-orang yang pernah menggunakan agen jual beli agar Anda bisa tahu mana agensi yang dapat dipercaya serta professional dalam menangani jual beli property.